Udah Sahur Tapi Cepet Laper Saat Puasa? Coba Lakukan Hal Ini

 

Masih banyak yang salah mengartikan mengenai menu makan untuk sahur sebelum memulai ibadah puasa seharian penuh. Memakan makanan yang belum tentu memiliki kandungan energi yang tahan sampai saat waktu berbuka tiba, alhasil saat sudah waktunya bekerja, sekolah, atau sedang melakukan aktivitas lainnya, perut sudah cepat sekali keroncongan.

Hal ini tentunya akan mengurangi konsentrasi saat berpuasa, bahkan tidak sedikit yang membatalkan puasa disiang harinya. Nah, jika kamu ingin tahu tips supaya kuat berpuasa seharian menu buka puasa dan sahur apa sih yang seharusnya dimakan?

 

Rajin mengkonsumsi sayuran

Sayuran sangat penting dimakan saat sahur atau berbuka, tetapi jangan memakan sayur yang telah dihangatkan dari sisa menu buka puasa. Karna sayur yang sudah lebih dari 8 jam akan berkurang gizinya, contoh bayam akan sangat baik dikonsumsi kurang dari 5 jam karna kandungan zat besinya.

Serat yang terdapat didalam sayur dapat membantu metabolisme tubuh supaya dapat bekerja dengan baik, hal ini tentu akan membuat penyerapan gizi pada makanan akan menjadi lebih optimal.

Memakan oats supaya kenyang lebih lama

Makanan seperti nasi putih yang memiliki kandungan kadar gula yang tinggi akan membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin lebih cepat. Jadi tubuh akan meminta asupan energi baru lagi, solusi yang bisa dilakukan ialah dengan memakan oats setiap harinya disaat makan sahur. Kandungan karbohidrat yang kompleks didalam oats akan membuat asupan energi didalam tubuh menjadi lebih tahan lama.

Makanan yang mengandung sumber protein

Protein memiliki fungsi meregenerasi sel-sel pada tubuh yang mati, hal ini tentunya akan membantu meningkatkan kebugaran pada tubuh supaya tetap kuat untuk berpuasa seharian.

Meminum air hangat saat waktu sahur

Jangan sampai meminum air es disaat sahur ya. Karna air es tidak bagus untuk kesehatan, dikarenakan sifatnya yang dingin dapat menyebabkan kram pada syaraf perut. Dianjurkan untuk meminum air hangat baik disaat sahur atau berbuka. Air hangat dapat merilekskan saraf perut, sehingga perut akan lebih mudah mengolah asupan makanan yang masuk.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan

Sumber vitamin yang terdapat didalam buah-buahan akan membantu tubuh tidak cepat lemas saat berpuasa. Kalian bisa memakan buah secara langsung atau dengan membuatnya sebagai jus tanpa es batu.

 

Nah itu dia, menu buka puasa dan sahur yang bisa dikonsumsi supaya tidak terasa lapar cepat saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Semoga kalian tetap kuat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan, dapat menahan lapar, haus, dan hawa nafsu yang akan membuat ibadah puasa kalian dapat berjalan dengan baik.