Tips Mendesain Rumah Sederhana

Ukuran besar atau kecilnya lahan dan rumah bukanlah menjadi masalah untuk meciptakan desain rumah sederhana. Dalam hal ini berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin menciptakan rumah sederhana impian Anda demi keluarga tercinta.

  • Model rumah sederhana adalah rumah yang tidak terlalu banyak memiliki perlengkapannya seperti perabotan atau furniture dan lain-lainnya. Belilah perabot (perlengkapan) yang penting-penting saja dan memang dibutuhkan, misalnya kursi, meja, ranjang, lemari, dan lain-lain. Jumlah perlengkapan pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya, bukan keinginan.
  • Rancangan atau desain rumah sederhana memang sangat identik dengan rumah minimalis, jadi sebaiknya belilah barang-barangnya yang memang mengusung tema tersebut agar sesuai dan tampak menarik. Pilihlah perabotan yang sederhana dan tidak memiliki terlalu banyak detail, yang penting fungsinya sesuai dengan kebutuhan saja.
  • Misalnya, belilah sofa dan meja dengan satu corak atau satu warna yang serasi, bukan pasangan sofa yang memiliki corak “ramai” dan terkesan mewah dan megah. Contoh yang lainnya; belilah pasangan meja ruang tamu yang sederhana, bukan pasangan meja dengan penyangga yang penuh ukiran atau aksesoris lainnya yang tidak sesuai dengan ruangan yang tersedia itu.
  • Pewarnaan; untuk warna dalam desain rumah yang sederhana, sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak jenis warna yang kontras dalam satu rumah atau ruangan, disesuaikan dengan factor kebutuhan saja. Penggunaan bermacam-macam warna yang terlihat saling kontras, tidak akan menimbulkan keserasian ruangan, yang ada malah terkesan membuat pusing yang dapat melihatnya.
  • Misalnya, dalam ruang kamar tidur utama dan yang lainnya, Anda bisa memakai warna dinding putih agar terang, untuk warna ranjang dan perabotan lain bisa memakai warna serupa atau warna lain yang tetap terlihat kalem dan nyaman.
  • Bila ingin memakai warna kontras dan terang, sebaiknya pilih 1-2 warna saja yang sesuai dengan warna dinding dan kebutuhan. Misalnya, menggabungkan warna putih dengan merah dan oranye, atau menggabungkan warna putih dengan hitam. Namun sebaiknya warna yang kontras dan terang saja untuk dapat membantu semua mata memandang, mata-pun tidak lelah pandang, yang ada penglihatan dan mata-pun terbantu.
  • Dalam penataan perlengkapan atau perabot, pastikan dalam satu ruangan tidak terlalu banyak barang agar ruangan tidak terkesan sempit dan penat atau sesak. Letakkan barang-barang kebutuhan yang penting saja dan hindari penambahan dekorasi yang tidak terlalu penting dan bisa menimbulkan kesan “sesak dan sumpek” pada ruangan tersebut.
  • Rancangan atau desain rumah sederhana memang termasuk pada pemilihan perabot dan penataannya agar serasi dan nyaman, namun tetap harus didukung oleh hal-hal lain yang bisa membuat rumah sederhana menjadi tampak cantik dan nyaman sekali.
  • Dipastikan cukup banyak cahaya yang masuk ke ruangan, sehingga rumah Anda tidak tampak suram dan penat. Jaga dan pelihara pula kebersihan rumah Anda sehingga tetap nyaman untuk dihuni semua anggota keluarga. Adanya jendela dan ventilasi sangatlah penting untuk pengaturan sirkulasi udara didalam ruangan, agar rumah sederhana Anda tidak pengap dan bau tidak sedap.

Pada intinya; merancang rumah sederhana merupakan desain rumah minimalis termasuk segala perlengkapan sesuai dengan kebutuhannya penghuninya itu. Tanpa banyak ornamen dan variasi, dan perabotan dalam rumah sederhana ini menggunakan tata ruang, peralatan, ornamen, dan lainnya seminim mungkin agar dapat lebih nyaman. Tentu hal tersebut berbeda dengan desain rumah yang lainnya.

Tanpa mengurangi pemanfaatan dan fungsi semua aspek dalam ruangan rumah, rumah dengan desain sederhana ini mampu meminimalisasi segala hal dalam rumah tersebut. Hal inilah mengapa desain rumah ini disebut dengan rumah sederhana, namun berdayaguna.

referensi: http://desainrumahid.com