Menegnal Lebih Dekat Ayam Birma

Ayam Birma – Ayam birma atau ayam Burma merupakan salah satu jenis ayam adauan yang popular belakangan ini, ayam jenis ini menjadi primadona para penggemar ayam baik untuk keperluan ayam aduan ataupun cuman sekedar dijadikan koleksi ayam hias saja.

Hal ini disebabkan ayam birma mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki ayam aduan jenis lain. Ayam memiliki tipikal dan gaya tarung yang unik, selain gesit dan cepat. Dalam berternak ayam ini tidaklah sulit, cukup mudah.

gambar ayam

ayamkondang.blogspot.com

Terdapat beberapa jenis ayam birma yang tersebaur di dunia, baik yang asli ataupun ayam birma hasil dari persilangan. Ayam birma campuran memiliki cirri fisik yang hampir mirip dengan ayam birma asli. Untuk melihatnya bisa dilihat dari bentuk fisikd an bagaiman cara bertarungnya.

Ayam birma memilik bentuk badan yang agak kecil kurang lebih 2-2,5 kg saja. Ini menjadi penyebab para penggemar ayam birma melakukan kawin silang ayam birma dan ayam Bangkok atau bisa dengan ayam local. Agar bisa menghasilkan ayam birma yang super, dengan tubuh gagah dan kuat.

Bentuk wajah ayam birma tajam garis lurus, tampak seperti persilangan antara ayam Bangkok dan ayam kampong. Bentuk telinga agak besar dengan paruh umumnya memiliki bentuk yang kecil dari ayam Bangkok. Bebrapa jenis ayam memiliki jenggot di bawah paruhnya.

Jika dilihat dengan lebih teliti, ayam birma memiliki mata yang sedikit cembung, tampak seperti sedang melotot. Hal ini yang menjadikan ayam birma tampak lebih ganas, liar dan bringas. Bahkan dia lebih ganas dari pada ayam aduan lain semisal ayam Thailand, ayam Saigon atau ayam Bangkok.

Kekuatan tulang menjadi salah satu factor yang penting dalam ayam aduan dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Tulang kaki yang kokoh dan besar menjadi indikasi utama kualitas ayam tersebut. Semakin tebal dan kuat ayam tersebut maka akan semakin tangguh dalam bertarung.

Namun tidak seperti jenis ayam aduan pada umumnya yang memiliki tulang kaki tebal dan besar. Yam birma kurang idelalĀ  untuk memenuhi criteria sebagai ayam petarung yang tangguh. Karena ayam birma memiliki ukuran kaki kecil dan tipis.