Makanan Terbaik Untuk Usaha Peternakan Sapi

Usaha peternakan sapi menggunakan teknik modern di Indonesia saat ini masih dirasa  sangat minim. Karena kebanyakan dari peternak di Indonesia masih menggunakan cara lama dalam mengembangkan usaha peternakannya. Jika kita lihat dari tahun ke tahun bahwa perkembangan penduduk di Indonesia saat ini semakin hari semakin bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan akan kebutuhan daging sapi yang terus saja meningkat. Padahal jumlah produksi daging sapi local sampai saat ini masih belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga para peternak harus lebih pandai lagi dalam memutar otak mereka supaya kesempatan tersebut bisa dimanfaatkannya guna memperoleh keuntungan yang lebih.

Beberapa cara yang telah dilakukan oleh peternak adalah dengan melakukan program penggemukan sapi potong. Cara ini dimaksudkan agar kesejahteraan peternak terpenuhi dan permintaan pasar juga terpenuhi. Dalam melakukan program penggemukan sapi, kualitas pakan akan menjadi factor utama dalam menentukan keberhasilan usaha tersebut. Pakan-pakan yang berkualitas tentu saja juga harus mengandung banyak nutrisi-nutrisi penting yang menunjang pertumbuhannya. Beberapa nutrisi penting tersebut adalah vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak.

Selain kebutuhan gizi yang dibutuhkan, pakan yang diberikan kepada sapi potong juga harus yang bersih dan tidak mengandung berbagai macam bibit penyakit yang merusak makan sapi dan mengganggu sistem pencernaan. Daam pemberian pakannya pun juga harus disesuaikan dengan keadaan seperti ketika siang hari atau sore hari. Karena ketika siang dan sore hari diharapkan pakan yang diberikan tersebut tidak tercemar oleh perkembangan telur cacing.

Selain memberikan pakan secara teratur, jenis pakan yang baik juga harus lebih diperhatikan. Karena setiap jenis sapi memiliki selera makan yang berbeda-beda. Sehingga harus dicari pakan yang sesuai dengan keinginan sapi tersebut supaya tidak mubazir.

Tidak semua usaha peternakan yang dijalankan mampu bertahan atau berhasil dengan baik. Hal ini disebabkan karena banyak sekali peternak yang masih belum mengetahui tentang teknik penggemukan sapi yang benar. Karena sapi tidak cukup hanya diberikan pakan yang biasa saja (rumput) melainkan sapi potong juga harus diberikan pakan tambahan guna memenuhi kebutuhan gizi yang lain. Misalnya pakan konsentrat untuk menu tambahan agar sapi dapat berkembang dengan baik.