Harga Mesin Tanam Padi yang Cukup Mahal Sebanding dengan Manfaat yang Diberikan

www.scartscouncil.com – Pengolah sektor pertanian dewasa ini telah mengalami kemajuan pesat. Terbukti bahwa banyaknya muncul teknologi mesin yang membantu dalam semua pengolahan, mulai dari mesin pembajak sawah, hingga mesin tanam padi dan mesin penggiling padi. Harga mesin tanam padi, traktor hingga mesin giling padi yang tidak terlalu murah, sehingga sedikit memberatkan para petani dalam menggunakannya.

Mesin tanam padi

Mesin tanam padi

Mesin tanam padi adalah mesin yang diciptakan guna mempermudah petani dalam menanam padi. Sejak dulu cara penanaman padi dilakukan secara manual. Petani melakukannya sendiri yakni dengan menancapkan padi dalam tanah. Proses tersebut membutuhkan banyak tenaga manusia dan juga menyulitkan posisi yang memerlukan cara jongkok sehingga menimbulkan capek yang jika diabaikan akan mengganggu atau bahkan pinggang akan terasa nyeri dan ngilu.

Mesin tanam padi menawarkan solusi yang sangat baik, dimana proses tanam padi yang dilakukan secara manual diganti dengan menggunakan mesin. Sebagaimana fungsi utama dari sebuah teknologi yaitu membantu manusia dalam melakukan pekerjaan. Fungsi tersebut juga berlaku pada mesin tanam padi. Jika dilihat dari cara kerjanya sangatlah mudah, petani cukup mengontrolnya dari atas dan mesin akan jalan dengan sendirinya tanpa harus membutuhkan banyak orang. Hanya saja, harga mesin tanam padi masih terbilang mahal sehingga kehadirannya tidak disambut dengan baik oleh petani.

Padahal jika dilihat dan diukur, efisiensi dan efektivitas dari mesin mesin tanam padi sangat membantu, sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga manusia dalam menanam padi. Cukup satu orang saja, maka mesin akan bisa digunakan. Jika dilihat dari segi biaya, pembelian mesin tanam padi hanya dilakukan sekali saja di awal, setelah itu mesin digunakan berkali-kali. Namun, jika proses tanam padi dilakukan dengan cara manual, maka akan terjadi pengeluaran biaya yang dilakukan secara berulang setiap kali musim tanam dilakukan. Dan jika dikalkulasikan akan lebih banyak biaya yang dikeluarkan jika tanam padi dilakukan secara manual.

Harga mesin tanam padi memang akan terlihat mahal jika Anda melihat dari segi pembengkakkan biaya pada awal, tetapi untuk musim tanam pada tahun selanjutnya tidak perlu lagi ada pengeluaran biaya dalam hal tersebut. Yang harus difokuskan dan dinilai baik adalah manfaat yang sangat banyak dan efisiensi biaya, waktu dan jumlah tenaga kerja dapat Anda lakukan jika menggunakan mesin tanam padi.