Cara Membuat Pelet Pakan Kelinci Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Pelet Pakan Kelinci Mudah dan Sederhana

Cara membuat pelet pakan kelinci | Pada saat ini, pelet pakan kelinci merupakan makanan alternatif bagi pemelihara yang mungkin malas atau enggan untuk mencari rumput dan hijauan yang terkadang sulit di dapatkan. Apalagi bagi pemelihara kelinci hias yang mungkin punya kesibukan lain selain mengurusi kelinci.

Sebetulnya pelet pakan kelinci merupakan konsentrat kandungan gizi yang dibutuhkan oleh kelinci dalam bentuk yang lebih sederhana. Jadi pelet ini mudah disimpan dan tahan lama. Tapi meskipun begitu, banyak orang yang mengeluhkan tingkat harga pelet kelinci yang relatif mahal.

Mungkin dengan membuat pakan alternatif kelinci ini bisa menjadi salah satu solusi keterbatasan pakan namun yang paling dianjurkan sebagai makanan kelinci yaitu makanan yang masih segar yang berasal dari alam seperti rerumputan, sayuran, dedaunan dan yang lainnya.

Cara membuat Pelet Pakan Kelinci

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan favorit kelinci berasal dari rerumputan, sayuran, dedaunan dan yang lainnya namun bagaimana bila makanan tersebut sulit ditemukan misalnya saja saat musim kemarau? Nah solusi untuk mengatasinya bisa dengan membuat pelet pakan kelinci.

Bahan-bahan

  • Ampas Tahu
  • Bekatul (dedak Halus), Bungkil kedelai
  • Tepung Jagung (jugung giling yang sudah berupa tepung)
  • Mineral (Tepung tulang) dan garam yodium
  • Arang aktif (bisa juga gunakan norit)
  • Rumput-rumputan
  • AirPeralatan yang dibutuhkan
  • Bak plastik (untuk mencampur adonan pelet)
  • Alat pengaduk
  • Penggiling ikan/daging
  • Plastik untuk menjemur pelet yg sudah dicetak
  • Oven pengering (jika ada, kalau cuaca panas gunakan sinar matahari untuk menjemur)

Langkah Membuat Pelet Pakan Kelinci

Cara Membuat Pelet Pakan Kelinci

  1. Campur adonan pelet berupa ampas tahu yang masih hangat sebesar 35% dengan tepung jagung 10%. Bungkil kedelai 19%, Bekatul atau dedak halus 30% Tepung mineral (tepung tulang), garam yodium 5%, Arang aktif 1%.
  2. Adonan di campur rata dengan ditambahkan air hingga menyatu sepenuhnya menjadi adonan pada bak plastik. Pastikan adonan dibuat jangan terlalu lembek.
  3. Setelah yakin merata, masukkan dalam penggilingan daging untuk dicetak. Perhatikan jika adonan terlalu kering maka hasil cetakan pelet akan banyak yang pecah untuk itu kadar air dalam adonan akan menentukan hasil cetakan.
  4. Anda bisa mengulang penggilingan adonan 2 atau 3 kali jika bentuk pelet yang keluar belum normal sambil membentuk feeling anda untuk mendapatkan adonan yang pas pada pembuatan pelet tahap berikutnya.
  5. Hasil penggilingan berupa pelet yang masih memiliki kadar air tinggi ini perlu dikeringkan, jika ada panas matahari maka manfaatkan panas matahari dengan menjemur hasil gilingan tadi. Tapi jika anda mempunyai oven pengering dapat langsung dimasukkan dan dikeringkan.
  6. Kemas pelet yang sudah benar-benar kering kedalam wadah plastik tertutup rapat dan simpan ditempat kering (tidak lembab) untuk menjaga kualitas pelet dalam jangka panjang.

Dalam pembuatan pelet pakan kelinci, sebaiknya Anda harus memperhatikan jumlah kebutuhan yang di perlukan kelinci yang berdasarkan umurnya. Untuk kelinci dewasa sekitar 100 – 140 gram, sedangkan untuk kelinci hamil 160 – 200 gram .

Namun jika untuk kelinci yang baru berumur antara 2-4 bukan yaitu kurang dari 70 gram , sebainya dalam pemberian pakan pada kelinci harus sesui dengan jadwal dan tidak lah terlalu berlebihan yang akan mengakibatkan kegemukan pada kelinci .

Sedangkan alat yang di gunakan pada saat membuat pelet yaitu mesin pencetak pelet yang di gunakan untuk mencampur adonan menjadi pelet, sedangkan yang lainnya seperti sendok, panci, kompor yaitu digunakan untuk mengiling semua bahannya menjadi satu .

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Pelet Pakan Kelinci yang bisa Anda coba. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang memelihara kelinci dan ingin membuat pakan kelinci sendiri agar kualitasnya terjamin dan juga bisa menghemat biaya.

Anda juga menjual pelet ini jika tertarik untuk usaha makanan kelinci. Anda dapat mengemas pelet kelinci dengan bahan plastik dan alat pres plastik. Mesin pengemas ini akan membantu anda merekatkan plastik dari satu sisi ke sisi lain. Sehingga produk Anda terjaga kualitas dan aman dari paparan zat – zat lain.

Selamat mencoba dan terima kasih.