Pantai Baron, Menikmati Keindahan Alam dari Mercusuar

Pantai Baron adalah salah satu deratan pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai inilah yang menjadi awal dari deretan pantai di Gunung Kidul yang membentang dari Pantai Baron hingga ka Pantai Sadeng. Terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km dari pusat kota Yogyakarta dengan akses jalan yang mudah dan jalan yang mulus. Nama Pantai Baron sendiri berasal dari nama seorang bangsawan Belanda atau Spanyol yang bernama Baron Skeber yang diceritakan pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini. Nikmati pantai baron ini dengan memilh paket tour Jogja yang sesuai dengan keinginan anda.

Karena lokasinya yang paling dekat dengan Kota Wonosari maka tidak heran jika pantai ini sangatlah terkenal karena menjadi opsi pertama para wisatawan yang ingin berlibur di pantai. Wisatawan lokal mupun yang berasal dari luar daerah selalu memenuhi kawasan ini khususnya di akhir pekan dan di hari libur nasional. Wisatawan dapat menikmati keindahan panorama alam di pantai ini. Mereka dapat bermain pasir atau berenang di pinggir pantai. Selain itu mereka juga bisa bersantai di pondok-pondok atau di warung-warung dan menikmati makanan yang ada di tempat tersebut. Ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol dan wisatawan dapat menikmati di pantai ini. Selain itu pengunjung bisa juga merasakan buah srikaya yang banyak tumbuh di pantai ini.

Pantai ini memiliki banyak hal yang ditawarkan kapada para pengunjung yang tidak bisa ditemui di pantai-pantai lainnya. Salah satu keunikan Pantai Baron adalah adanya sungai yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Uniknya sungai yang ada di Pantai Baron airnya memiliki rasa yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Bagi para pengunjung yang tidak berani bermain dan berenang di laut dapat bermain air dan berenang dialiran sungai ini.

Selain itu keunikan lainnya adalah terdapat sebuah mercusuar. Mercusuar ini dibangun pada bulan Februari 2014 dan diresmikan pada bulan Desember tahun yang sama. Selain difungsikan sebagai alat bantu navigasi bagi kapal yang melewati kawasan pantai, mercusuar ini juga digunakan sebagai objek wisata yang mana wisatawan bisa naik ke atas mercusuar dan menikmati pemandangan alam dari atas mercusuar.